Home  /  Informasi  / Bisakah Bandung Kembali Sejuk

Bisakah Bandung Kembali Sejuk


Bisakah Bandung Kembali Sejuk

Kota Bandung yang selama ini dianggap sebagai icon kota yang sejuk dan segar karena berada di daerah pegunungan yang memang menyuguhkan panorama yang indah juga perbukitan yang hijau terhampar. Selain itu bandung juga terletak di dataran tinggi yang memang memiliki suhu udara relatif lebih dingin dari pada yang berada di kota lainnya di Indonesia. Namun, saat ini kota bandung yang terjadi adalah hilang nya perlahan kesejukan yang dulu dibanggakan para masyarakat nya. Kesejukan yang menjadikan banyak pelancong tak segan menempuh kemacetan hanya untuk bisa berakhir pekan di kota kembang ini.

Sekarang di kota bandung sudah mulai panas, banyak sampah menumpuk di berbagai sudut kota yang jelas bukti kurang peduli masyarakat bandung sendiri atas kelestarian dan kesehatan lingkungannya. Jika dulu setiap keluar rumah di bandung wajib mengenakan jaket untuk mengatasi hawa dingin, sekarang malah masyarakat tidak lagi memerlukan penghangat. Polusi yang membuat udara semakin panas disertai dengan banyak nya asap kendaraan dimana-mana membuat kota bandung sudah sama dengan kota metropolitan lainnya. Hilang nya lahan hijau yang memberikan pasokan oksigen yang membuat udara sejuk ada saat bandung dahulu kala berganti dengan pusat pertokoan, pusat perbelanjaan, hotel dan mall ternama membuat bandung kehilangan kesejukannya.

Tidak bisa dipungkiri kesejukan kota bandung sangat dirindukan oleh warga nya. Dan ini menjadi tantangan bagi pemerintah bandung untuk membatasi pembangunan di dalam kota yang harus membuat lahan hijau sebagai penyeimbang kesehatan lingkungan menjadi terpangkas. Bagaimana caranya agar kota kembang tercinta bisa kembali sejuk seperti icon yang disematkan pada kota ini sejak dahulu? Tidak ada cara lain bukan selain mengembalikan kehijauan di dalam kota dan daerah yang padat penduduk sehingga sedikit apapun lahan yang ada bisa dimanfaatkan untuk ditanami oleh tanaman hijau yang akan memberikan pasokan oksigen yang bisa memberikan udara segar yang bersih untuk seluruh masyarakat bandung. Bandung bukanlah kota yang tidak menjual dan tidak memiliki daya tarik, jika keseriusan pemerintah kota ini membenahi kehijauan bandung untuk bisa ditata kembali pasti akan semakin banyak orang yang betah berada di kota yang dikenal dengan makanan khas nya yang bernama peyem atau tape yang terbuat dari singkong ini.

Jika lahan hijau di kota bandung semakin digalakkan kembali maka ketika hujan datang dari arah atas atau bogor seharusnya tidak akan membuat kota ini terendam banjir seperti yang terjadi saat ini setiap kali musim hujan datang. Datang nya banjir dikarenakan kurang nya pepohonan besar yang berguna sebagai penahan air dan penyerap air ke dalam tanah sehingga banjir dan longsor pun tak terelakkan lagi. program penghijauan di bandung tidak hanya harus dilakukan oleh pemerintah saja sebagai sponsor utama untuk mengadakan program penghijauan di sekolah, perkantoran, kawasan mall dan pusat perbelanjaan, kawasan pasar tradisional dan daerah wisata, area tengah kota dengan menanam tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat dan menghasilkan daun yang rimbun sehingga kesegaran kota perlahan akan kembali.

Namun, di pemukiman penduduk dan juga di perkampungan tetap harus bekerja sama untuk memanfaatkan lahan kosong sekecil apapun untuk membuat nya tetap hijau. Bukankah jika kota bandung kembali sejuk maka kita semua juga yang akan merasakan nikmatnya hembusan angin tanpa harus khawatir akan tergenang karena banjir lagi?

Related Post


Info Lowongan Kerja di Kota Bandung
Info Lowongan Kerja di Kota Bandung

Informasi mengenai lowongan kerja di kota bandung saat ini menjadi sebuah hal…

Aneka Minuman Khas Sunda
Aneka Minuman Khas Sunda

Selain makanan, suku Sunda juga memiliki kekayaan dengan beragam minuman khas…

Mengenal Wisata Belanja di Kota Bandung
Mengenal Wisata Belanja di Kota Bandung

Indonesia merupakan salah satu negara yang menawarkan banyak tujuan wisata…

Berapakah Harga Rumah Rata-Rata Di Bandung ?
Berapakah Harga Rumah Rata-Rata Di Bandung ?

Ketika kita berencana untuk membeli sebuah rumah, salah satu item…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *


*